Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama

Smartphone android yang boros baterai memang seringkali dikeluhkan oleh para pengguna gadget, hal ini bukan serta merta spesifikasi daya baterainya minim. Bisa jadi smartphone dengan dukungan daya yang besar sekalipun bisa mengalami baterai yang tidak bisa tahan lama, atau boros dari segi penggunaan. Maka dari itu, sangat penting untuk anda memperhatikan faktor lainnya yang bisa menyebabkan baterai di perangkat android anda bisa cepat sekali terkuras.

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama


Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan smartphone android anda menjadi tidak tahan lama dari daya baterainya, seperti misalnya penggunaan live wallpaper, atau bahkan widget yang berlebih yang bisa menyebablan baterai menjadi lebih boros. Maka dari itu, anda perlu melakukan antisipasi agar nantinya baterai di smartphone android anda bisa lebih hemat dan tidak terbuang sia – sia. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba lakukan agar baterai android anda tahan lama.

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama

Matikan notifikasi

Salah satu langkah penting yang bisa anda lakukan agar bisa menjaga smartphone anda agar tetap awet daya baterainya adalah mematikan notifikasi pada smartphone anda. Notifikasi memang sebagian besar terhubung melalui jaringan internet, sehingga jika hal ini bekerja akan lebih cepat menyedot daya baterai secara signifikan. Untuk melakukan proses pemadaman notifikasi ini, ternyata cukup mudah, anda hanya perlu untuk masuk ke menu settings, dan pilih apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin anda matikan notifikasinya.

Ganti live wallpaper dengan wallpaper statis

Live wallpaper akan mudah untuk menguras daya baterai, karena memang dari segi kinerja, live wallpaper memerlukan banyak daya baterai sehingga daya baterai pun akan terkuras dengan cepat. Memang tampilan depan smartphone akan jauh lebih cantik, namun hal ini justru akan semakin menambah boros pemakaian baterai smartphone anda. Anda bisa mencoba untuk mengganti wallpaper statis agar bisa lebih menghemat daya baterai anda.

Matikan Wifi jika tidak diperlukan

Sinyal wifi yang diaktifkan pada smartphone android anda, akan lebih mudah menyerap daya baterai secara signifikan, jika tidak terdapat jaringan wifi disekitar smartphone anda. Hal ini karena smartphone akan bekerja keras mencari sinyal wifi, sehingga daya baterai pun akan cepat pula terkuras. Maka dari itu, jika sekiranya tidak ada sinyal wifi disekitar anda, sebaiknya non aktifkan fitur ini, agar daya baterai anda bisa bertahan lama.

Turunkan kecerahan layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi, akan menyebabkan smartphone anda menjadi lebih boros untuk menyerap daya baterainya. Terlebih lagi jika smartphone anda memiliki jenis layar full HD dan juga Quad HD, ubah kecerahan layar dengan setting yang manual saja, dan atur tampilan layar sleep nya dalam waktu hitungan detik.

Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya anda non aktifkan, karena akan terlalu banyak menguras daya baterai secara percuma saja. Kebanyakan aplikasi yang banyak menguras daya baterai adalah aplikasi sosial media, karena memiliki notifikasi yang muncul di layar smartphone anda. Maka dari itu, disable kan saja aplikasi android yang sekiranya jarang anda gunakan.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan agar baterai di smartphone android anda bisa lebih awet dari segi kapasitas dan lebih tahan lama. Semoga bermanfaat sebagai rekomendasi untuk anda dan tambahan informasi anda seputar cara agar bisa lebih mengehemat baterai. Selamat mencoba.

Baca: Efektif Mana Menggunakan Baterai Android Tidak Dilepas atau Bisa Dilepas

0 komentar

Posting Komentar