Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Playstore

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Playstore – Sistem operasi robot hijau berupa Android memang memiliki sejuta kecanggihan dalam mengoperasikannya. Umumnya yang seringkali kita ketahui adalah Google Play Store, sebuah toko aplikasi milik Google. Di dalam Play Store inilah para pengguna Android dapat mengunduh berbagai macam aplikasi yang diinginkan. Semua aplikasi itu bisa ditawarkan untuk versi grtisan maupun versi berbayar.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Playstore


Lantas, apa jadinya bila market Android tidak berfungsi dengan baik? Sebut saja anda mempunyai masalah saat melakukan pengunduhan di Play Store tersebut. Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam mengatasinya. Biasanya diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya spesifikasi smartphone yang kurang mencukupi atau mungkin aplikasi unduhan sedang terganggu lalu crash. Cara mengatasi tidak bisa download dari Playstore adalah.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Playstore

1.Hapus Cache Play Store

Mungkin anda sering mendegar cache pada smartphone. Biasanya cache adalah penyebab utama dari gagalnya pengunduhan sebuah aplikasi di dalam Google Play Store. Namun, tenang saja anda masih bisa mengatasinya dengan mudah. Caranya yakni masuk ke Pengaturan lalu bukalah Aplikasi > Google Play Store > Hapus Cache. Bagaimana, cukup mudah, bukan? Setelah terhapus cache cobalah untuk masuk kembali ke Play Store

2. Cocokkan Jam pada Ponsel

Mekipun cara yang satu ini sedikit aneh, akan tetapi anda mesti tahu bahwa ketidaksesuaian jam pada perangkat Android mampu berpengaruh Play Store yang bermasalah. Alangkah baiknya anda melakukan cara seperti ini, dimana harus masuk terlebih dahulu ke Pengaturan > Waktu > Sesuaikan Jaringan. Lantas, masuklah pada Play Store apakah jaringan sudah stabil atau belum.

3. Test Koneksi Internet

Siapa sangka koneksi internet yang terlalu lambat akan menyebabkan Play Store nge-hang. Tentu saja jika kita ingin membuka maupun mengundul aplikasi di dalam Play Store membutuhkan jaringan internet dan kuota data. Dengan begitu anda semestinya mengecek paket data, bisa jadi telah habis atau jaringan di daerah anda sedang tidak stabil dan akhirnya bermasalah gangguan.

4. Test Menggunakan Provider

Selain melihat kuota data di ponsel Android, tidak ada salahnya anda mengecek provider lain seperti WiFi. Terkadang pengunaan WiFi yang tak stabil bisa membuat gangguan saat pengunduhan berlangsung. Maka dari itu, sebelum melakukan Install Ulang hingga Flashing sekalipun, sebaiknya cobalah menggunakan provider lain yang tidak mengalami masalah.

5. Memeriksa Ruang Kosong

Kapasitas ruang memori sudah pasti mampu memicu Play Store sulit mengunduh aplikasi. Ada baiknya anda melakukan pengecekan terhadap space yang kosong pada memori internal smartphone. Jika ternyata memori tersebut kurang mencukupi, maka uninstall aplikasi yang tidak penting atau  tak dibutuhkan lagi. Barulah anda membuka Play Store dan mulailah untuk mengunduh aplikasi kembali.

Apabila beberapa cara di atas belum bisa mengatasi gangguan yang terjadi, anda dapat mencoba menginstall ulang Play Store atau melakukan dengan Factory Resep di perangkat Android. Semoga saja tulisan ini bermanfaat baik bagi kita semua khususnya para pengguna smartphone Android.

0 komentar

Posting Komentar