Senin, 05 Mei 2014

Apa Itu Android? Sejarah dan Perjalanan Panjang OS Robot Hijau

Android adalah sitem operasi mobile berbasis linux salah satu sistem operasi open source yang dikembangkanuntuk smartphone dan Tablet. Dari Tahun 2005 sistem operasi Android sudah mulai dikembangkan untuk OS di perangkat. Dan pada saat itu Google lah yang berjasa mengembangkan OS Android dan sekaligus mengambil alih proyek OS Android yang sebelumnya dikembangkan oleh Android Inc Seperti yang dikutip InfoTech Review dari WikiPedia. Perjalanan panjang sistem operasi Android untuk peragkat handphone dan komputer tablet sudah mulai diterapkan pada handset di tahun 2008 dimana saat itu masih didominasi OS Symbian yang melekat pada Nokia. Seiring berjalannya waktu, Android mampu meraih kesuksesan di Tahun 2013, terbukti penggunaan smartphone dan tablet dengan OS Android mencapai 64%, kesuksesan ini didukung oleh vendor Android seperti Samsung, HTC, LG dan vendor lainnya yang memproduksi hanset berbasis Android.

Perjalanan panjang sistem operasi Android dari mulai versi percobaan (Beta) Android Angel Cake (Veris 1.0) dan selanjutnya Android Battenberg (Versi 1.1) sampai pada tahun 2009 tepatnya dibulan April tanggal 30, Sistem operasi yang dirilis sejak awal menggunakan versi 1.5 bernama Cupcake, terus berlanjut ke sistem operasi Android terbaru dengan versi 4.4 bernama KitKat seperti yang sudah dirasakan saat ini di smartphone high-end Android. Berikut ini detail versi Android dari veri Beta sampai KitKat.

Apa Itu Android? Sejarah dan Perjalanan Panjang OS Robot HijauApa Itu Android? Sejarah dan Perjalanan Panjang OS Robot Hijau

Android Versi 1.0 (Angel Cake)
Android Versi 1.1 (Bettenberg)
 Android Versi 1.5 (Cupcake)
Android Versi 1.6 (Donut)
Android Versi 2.0 (Eclair)
Android Versi 2.0.1 (Eclair)
 Android Versi 2.1 (Eclair)
Android Versi 2.2–2.2.3 (Froyo)
Android Versi 2.3–2.3.2 (Gingerbread)
Android Versi 2.3.3–2.3.7 (Gingerbread)
Android Versi 3.0 (Honeycomb)
Android Versi 3.1 (Honeycomb)
Android Versi 3.2 (Honeycomb)
Android Versi 4.0–4.0.2 (Ice Cream Sandwich )
Android Versi 4.0.3–4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
 Android Versi 4.1 (Jelly Bean)
Android Versi 4.2 (Jelly Bean)
Android Versi 4.3 (Jelly Bean)
Android Versi 4.4 (KitKat)
Android Versi 5.0 Lollipop
Dan Android 6.0 Mashmellow
Dan setiap versi yang dirilis, Google sebagai pengembang Sistem operasi Android  selalu meningkatkan Level API (Application Programming Interface) pada setaip versi Android yang dirilis, dan Level API untuk Android versi terakhir KitKat adalah 19.

Pengguna, vendor selalu menanti gebrakan innvovasi Android untuk kemajuan dunia gadget khususnya untuk smartphone dan tablet, baik dibidang pembaharuan software, User Interface dan lainnya. Anehnya lagi, Google memberi nama untuk setiap versi Android yang dirilis menggunakan nama kue untuk makanan Penutup (dessert) untuk nama Androidnya, setelah KitKat, lalu apa nama versi Android selanjutnya?? Ada yang bisa menebak?? Itulah sekilas perjalanan panjang OS Robot Hijau yang sekarang mendominasi sistem operasi mobile yang ada di dunia.

Baca juga Smartphone Android Murah ala Nokia

0 komentar

Posting Komentar