Jumat, 21 Agustus 2015

Solusi Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas Dan Penyebabnya

Baterai HP adalah alat yang paling vital untuk sebuah gadget terutama di ponsel, jika tidak ada daya baterai, tentu tidak akan ada ponsel yang menyala. Namun bagaimana dengan HP jika tidak bisa diisi daya baterai atau tidak bisa dicas? Ada beberapa penyebab dan solusi yang Android Konten bisa lakukan untuk mengatasi permasalahan HP tidak bisa dicas. Anda bisa simak penyebab dan solusi baterai tidak bisa ngecas, agar permasalahan Anda bisa terjawab setelah membaca ini.

Penyebab dan Solusi HP Tidak Bisa di Charge

Penyebab Pertama Tidak Bisa Ngecas Baterai Ponsel
Permasalahan yang sering terjadi disaat tidak bisa mengecas baterai ponsel adalah  karena adanya kotoran atau benda kecil lain yang mengganjal dalam port micro usb. Apakah itu debu, kotoran atau sisa makanan yang bisa saja masuk ke dalam port micro USB ponsel.
usi Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas Dan Penyebabnya

Solusinya;
Solusinya pastikan port tersebut atau kabel penghubungnya dalam keadaan bersih. Selain itu, jangan lakukan pengisian ulang di tempat yang dekat dengan cairan atau tempat lembab lainnya. Pengisian ulang baterai yang berlebihan juga tidak disarankan. Tak perlu menghubungkan charger semalaman penuh jika baterai hanya perlu disetrum satu atau dua jam.

Penyebab Kedua Tidak Bisa Ngecas Baterai Ponsel
Permasalahan yang paling banyak gagal disaat isi ulang baterai terletak pada kabel charger USB, atau port USB-nya. Bisa jadi smartphone tidak mau ngecas karena koneksinya longgar. Kabel yang tidak sesuai juga membuat pengisian ulang baterai lebih lama. Ada beberapa cara yang bisa dilakuan untuk merawat kabel dan port USB pada ponsel.

Solusinya;
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal yang utama dilakukan adalah membersihkan port micro USB baik di ponsel atau di kabel. Periksa juga permukaan metalik dalam port USB yang kotor menyebabkan kontak dengan kabel microUSB terganggu. Gangguan kontak juga bisa disebabkan karena kesalahan desain dari pabrik disaat tim quality control tidak teliti mengeceknya, atau karena seringnya kabel dilepas-pasang terus menerus. Penggunaan kabel yang berbeda-beda juga bisa merusak port microUSB, karena walau tipenya sama, kadang ukuran sedikit berbeda.

usi Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas Dan Penyebabnya
Cara lain yang bisa dilakukan adalah, dengan mengungkit lempengan kecil di dalam port USB. Anda bisa menggunakan benda kecil seperti pinset atau tusuk gigi untuk melakukannya. Lakukanlah cara ini saat smartphone dalam kondisi mati dan baterainya dilepas. Beberapa model smartphone memiliki unit kepala charger dan kabel yang terpisah. Pastikan terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah. Kepala charger biasanya lebih awet, sementara kabel rentan rusak karena sering digulung atau ditekuk. Jadi sebelum membeli charger baru, cobalah menggunakan kabel lain yang sejenis.

Penyebab Ketiga Tidak Bisa Ngecas Baterai Ponsel
Permasalahan HP atau ponsel tidak bisa ngecas adalah kemungkinan Baterai HP rusak, atau baterai mulai soak. Coba periksa permukaan baterai, apakah ada kembung atau bocor.  Jika perangkat ponsel atau tablet Anda bisa dilepas baterainya, cobalah letakkan perangkat di permukaan datar, lalu cobalah putar perangkat. Jika ternyata berputar, maka kemungkinan  baterai telah mengembung yang menandakan bahwa HP tersebut baterainya rusak.

Solusinya;
Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti baterai yang sudah rusak dengan baterai sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pabrik. Baterai baru yang orisinil akan tahan selama dua tahun sebelum harus diganti, walau tergantung juga dengan siklus pengisian ulang baterai. Jika baterai rusak terlalu cepat, periksalah garansi, siapa tau Anda bisa mendapatkan unit pengganti baterai secara gratis.

Semoga tiga solusi ini bisa mewakili untuk memecahkan permasalahan Anda, silakan berbagi, jika cara ini bisa menyelesaikan masalah Anda.

4 komentar:

  1. Hape ane kadang sering juga nih mengalami masalah portnya,,tp kadang bener sendiri

    BalasHapus
  2. udah pusing nyoba berbagai cara, eh ternyata chargernya yg soak :v

    BalasHapus
  3. kalo baterai kembung kira2 bisa diatasi gk ya mas? katanya di taruh di dalem kulkas biar gk kembung lagi, emang beneran?

    BalasHapus