Selasa, 03 Maret 2015

Kelebihan Android Lollipop 5.0

Kelebihan lollipop dari versi android sebelumnya sangat banyak sekali, dengan lollipop menjalankan aplikasi menjadi lebih mudah.
Android meluncurkan sistem operasi baru yaitu android Lollipop. Belum lama diperkenalkan pada para pecinta gadget android. Sistem operasi android lollipop mencuri perhatian orang banyak terutama pecinta smartphone android karena memiliki kelebihan lollipop. Jika dibanding pendahulunya yaitu android Kitkat 4,4. Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, untuk android lollipop versi 5.0 dikenalkan Google dalam bentuk pengembang terlebih dulu. Versi Android L digunakan pengembang untuk membangun aplikasi sehingga bisa berfungsi secara baik.

Kelebihan lollipop dibanding versi android sebelumnya(KitKat)

Kelebihan Android Lollipop 5.0
Lollipop versi 5.0 menunjukkan sudah ada runtime baru yakni ART. Dengan ART berfungsi untuk aplikasi berjalan cepat. Tidak hanya tampilan dan kinerja saja yang ditingkatkan Google tetapi juga kinerja baterai ditingkatkan jadi lebih baik.

Beberapa kelebihan lollipop versi 5.0 adalah:

· Design grafis
Pada penampilan bahasa terbaru menghasilkan tampilan grafis mirip pada kualitas kertas. Hampir mirip metafora material dengan atribut taktil dan pencahayaan yang realistis untuk ruang rasionalisasi dan sistem gerak terbaik.

· Design notifikasi
Android Lollipop 5.0 didesain dengan all screen (semua layar), yang dapat menyesuaikan berbagai macam perangkat saat digunakan pada ponsel, tablet, laptop, dan jam tangan (Smartwatch).

· ART compiler
Hal ini adalah sebuah perubahan sangat signifikan pada OS android lollipop. ART compiler menggantikan Dalvik compiler untuk android sebelumnya. Dengan ART compiler membuat sistem memori lebih optimal dan efektif. Sehingga dapat menghemat waktu saat loading aplikasi.

· Daya tahan baterai
Proyek Volta merupakan sebuah alat baru dapat memberi kontrol secara maksimal pada aplikasi untuk mempengaruhi daya tahan pada baterai. Proyek Volta dapat memberi rincian catatan dan mengidentifikasi dengan baik saat baterai terkuras dan mengetahui fitur apa yang memakan daya baterai terlalu banyak. Itulah kelebihan lollipop salah satunya.

· Menu recent
Tab recents memungkinkan pembagian tab Chrome jadi terpisah, dapat diklik serta berbeda.

· Context aware unlocking
Context aware unlocking adalah bentuk rancangan paling baik dapat memperhitungkan koneksi Bluetooth ketika ponsel ataupun tablet terkoneksi di lokasi pengguna. Terdapat suara unik ketika layar terkunci, kunci pola bisa dilewati jika smartphone didekatkan smartwatch.

· Work and Play terpisah
Android versi 5.0 lollipop memberikan kemudahan untuk para penggunanya agar mampu mengoperasikan perangkat dua jenis penggunaan yaitu work dan play yakni ketika bekerja serta bermain.

· Peningkatan pencarian kontekstual
Produsen Google memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya dengan Google Search Android baru. Sekarang dapat lebih baik, akurat, dan cepat merekam semua jejak aktifitas yang pengguna jalankan. Tujuan fitur pencarian Google adalah agar bisa menentukan lokasi secara tepat menuju aplikasi tertentu.

Nah, itulah beberapa kelebihan Android lollipop yang membawa banyak perubahan dalam tampilan. Dapat dilihat dari status dialer, bar, dan aplikasi dengan desain yang lebih segar.

Baca juga cara upgrade Android KitKat ke Android Lollipop

0 komentar

Posting Komentar