Sabtu, 24 Oktober 2015

Bagaimana Cara Cek IMEI untuk Melihat Keaslian Smartphone di HP Android

International Mobile Equipment Identity atau yang disingkat IMEI adalah nomor registrasi sebuah produk mobile untuk memudahkan dalam identifikasi sebuah produk mobile gadget. Selain untuk identifikasi, IMEI juga berfungsi untuk membuktikan kelegalan dari sebuah gadget yang diproduksi. Sebenarnya fungsi utama dari Nomor IMEI adalah untuk memghindari pencurian data dari smartphone Android itu sendiri jika terjadi kehilangan Handphone atau dicuri bisa juga tercecer, dengan bantuan nomor IMEI, pengguna bisa melaporkan kepada operator dari provider yang digunakan pengguna untuk dilakukan block atau blacklist Nomor IMEI yang ada pada Handphone yang hilang, dengan demikian HP tersebut terkunci dan tidak bisa digunakan oleh pencuri.

IMEI terdiri dari beberapa nomor seri yang unik yang bisa dicek melalui HP bukan hanya HP Android tapi hampir di semua produk mobile. Lalu bagaimana Anda mengecek IMEI yang ada di HP Android atau smartphone Anda? Android Konten akan menginformasikannya untuk Anda.

5 Cara Cek IMEI Yang bisa Dilakukan

Adapun cara mengecek Nomor IMEI bisa dilakukan dengan beberapa cara; diantaranya;

1. Melalui panggilan ke *#06# 
Dengan mengetikkan nomor *#06# maka akan muncul segera IMEI smartphone Anda. IMEI yang muncul berupa beebrapa digit angka, maka itulah yang dinamakan IMEI.

2. Dengan Cara Melihat dibalik Baterai pada Case belakang HP.
IMEI ini juga terletak tepat dibalik baterai Handphone Anda, jika Anda bingung-bingung untuk mencarinomor IMEI untuk kepentingan provider, maka dengan cara kedua ini Anda dengan mudah menemukan nomor IMEI Anda.

3. Dari pengaturan Smartphone Android
Di HP Android Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi IMEI Anda yang terletak pada pengaturan dan pada bagian paling bawah akan terlihat Tentang Perangkat, pilih tentang perangkat kemudian  akan muncul status tepat dibawah update software, maka geser kebawah, tepat ditengah layar akan terlihat IMEI handphone yang Anda gunakan saat ini.
Cara Cek IMEI


4. Meminta IMEI melalui Operator Seluler
Anda juga bisa menanyakan dan meminta nomor IMEI Anda ke operator dari kartu SIM yang Anda gunakan, karena operator selalu menyimpan IMEI setiap smartphone untuk kepentingan pengaturan paket data di setiap smartphone, cara ini memang sedikit sulit karena operator seluler tidak begitu mudah memberikan IMEI seseorang karena menyangkut privasi, namun untuk kepentingan darurat bisa saja operator memberikan IMEI Anda dengan syarat Anda bisa memverifikasi kepemilikan HP Anda.

5. Melihat Di Kotak Handphone
Cara yang paling mudah melihat Nomor IMEI Anda bisa melihatnya di Kotak BOX HP Anda. Disaat Anda membeli baru pasti ada kotak, membeli produk second hand atau bekas juga seharusnya menanyakan kotak HP tersebut, agar bisa mengecek keaslian produk HP tersebut.

Dengan Lima cara mengecek IMEI ini, Anda pastikan IMEI Anda sama semua hasilnya. Tidak berubah sedikit pun nomor IMEInya untuk memastikan bahwa produk ini benar-benar asli dari produsen resmi tanpa ada rekayasa dari oknum yang menyalahgunakan produk dengan cara dipalsukan. Semoga bermanfaat bagi pengguna Handphone umumnya dan pengguna HP Android khususnya.

Baca juga Cara Buka Kunci HP Android Yang Terkunci Layar Karena Lupa Password

0 komentar

Posting Komentar