Jumat, 11 September 2015

Mengapa Baterai HP Android Panas? Bagaimana Solusinya?

Banyak pengguna Android mengalami HP Android nya panas dan mereka belum tahu kenapa dan apa penyebabnya serta bagaimana solusinya. Baterai HP Android  menggunakan Lithium Ion dan Lithium Polymer yang terdiri dari elektroda positif dan negatif dimana kedua jenis baterai ini bisa diisi ulang.

Ada beberapa penyebab baterai HP Android Anda panas, Anda pun bisa mengeceknya secara langsung di HP Android Anda, apakah ada tanda dan gejala penyebab baterai tersebut panas. Berikut penyebabnya;

Mengapa Baterai HP Android Panas? Bagaimana Solusinya?

Penyebab dan Solusi Baterai HP Android Panas

1. Kondisi baterai Mulai Tidak Berfungsi Dengan Baik (Soak)

Disaat baterai mulai tidak berfungsi dengan baik maka kondisi HP akan panas karena daya yang dihasilkan untuk mengerakkan sistem hardware jadi tidak stabil, tentu akbibatnya sistem pun merasa suplai energi berkurang tentu HP Android akan menjadi panas. Solusinya, sebaiknya gunakan lah baterai yang original.

2. Pemakaian Terlalau Berlebihan

Penggunaan HP Android terlalu lama tentu akan memakasa hadware bekerja terus menerus tanpa rehat, ketika Anda memegang casing belakang akan terasa panas. Misalnya Anda menggunakan HP Android Anda untuk bermain game Android tanpa kenal waktu, Solsusinya lakukan restart jika pemakaian Android agak lama. Kalau Anda tidak pernah restart tentu HP tersebut akan panas. Terkadang disaat HP diam pun jika terkoneksi dengan internet, pasti ada saja aplikasi terupdate, tentu hadware bekerja.

3. Penggunaan baterai Replika yang tidak sesuai dengan Baterai bawaan
Ketika Anda mengganti baterai yang rusak, sebaiknya cari lah baterai yang original, jika tidak punya budget beli yang murah dari replikanya namun harus sesuai dengan arus baterai yang memasok ke HP Android, jika tidak Anda akan menemukan baterai yang selalu panas.

4. Pembuangan Udara Keluar Tersumbat oleh Debu dan kotoran
Jika terjadi hal demikian sebaiknya bersihkan HP Android Anda dalam 6 Bulan sekali untuk mengecek lubang kecil pembuangan hawa di HP Android, jika tersumbat bersihkan secara berkala disela-sela lubang speaker dan lubang lainnya.

5. Gunakan HP di Suhu yang tidak terlalu panas
Kalau suhu saja sudah panas maka akan berimbas juga pada beterai HP Android Anda juga akan panas, misalnya Anda gunakan dibawah terik matahari, memasukkan HP di kantong celana yang berbahan panas dan Anda pun bekerja dibawah sinar matahari langsung tentu mengakibatkan HP Android panas. Solusinya gunakan selalu HP Android dibawah suhu normal jangan terlalu panas.

Itulah jawaban dari mengapa Baterai Android panas dan solusinya yang bisa Anda cek langsung di HP Android Anda. Semoga bermanfaat.


0 komentar

Posting Komentar